Satuan Pendidikan | : | SMA 1 JUVENTUS |
Mata Pelajaran | : | SOSIOLOGI |
Kelas / semester | : | XI IPS/ 1 |
Alokasi waktu | : | 12 x 45 menit |
| | |
Standar kompetensi | : | Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial |
Kompetensi dasar | : | |
Indikator | : |
|
A. Tujuan Pembelajaran
- Melalui pembelajaran, Siswa dapat menggambarkan pengertian konflik sosial
- Melalui diskusi, Siswa dapat menjabarkan jenis-jenis konflik sosial
- Melalui pengamatan, Siswa dapat mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
- Melalui diskusi, Siswa dapat mengidentifikasi dampak terjadinya konflik
- Melalui pembelajaran, Siswa dapat menganalisis tentang pengendalian konflik
- Melalui tugas individu, Siswa dapat mendeskripsikan tentang integrasi sosial
B. Materi Pokok / Pembelajaran
- Konflik Sosial
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- think pair and share
- debat
- role playing
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)
2. Kegiatan Awal (5’)
- Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan konflik sosial
- Memotivasi supaya siswa mengetahui lebih lanjut tentang konflik sosial
2. Kegiatan Inti (30’)
Eksplorasi
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi konflik sosial menurut beberapa tokoh, yaitu: Ralf Dahrendorf, Robert MZ Lawang,
- Setiap kelompok memberikan beberapa contoh kasus untuk tiap definisi
Elaborasi
- Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi konflik sosial
- Kelompok lain memperhatikan apa yang dikemukakan kelompok lain dalam presentasi
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang masih kurang dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
- Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
- Mempersiapkan kesiapan siswa dalam kelas
- Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang definisi konflik sosial.
2. Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat
- Kelompok 1 mengkaji tentang konflik pribadi
- Kelompok 2 mengkaji tentang konflik rasial
- Kelompok 3 mengkaji tentang konflik politik
- Kelompok 4 mengkaji tentang konflik internasional
- Kelompok 5 mengkaji tentang konflik vertikal
- Kelompok 6 mengkaji tentang konflik horizontal
- Kelompok 7 mengkaji tentang konflik destruktif
Elaborasi
- Beberapa kelompok mempresentasikan materi melalui adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial
- Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
Konfirmasi
- Guru memberikan penegasan tentang jenis-jenis konflik yang diparodikan
- Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
- Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
- Memberi kesempatan bagi beberapa siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 3 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
- Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang jenis-jenis konflik sosial
- Menjelaskan tentang tujuan pembelajara yaitu tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
2. Kegiatan Inti (30’)
Eksplorasi
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
- Masing-masing kelompok memberikan contoh kasus sebab-sebab konflik dalam masyarakat
Elaborasi
- Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
kelompok lain memperhatikan materi presentasi
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
- Kelompok yang menjawab dengan kurang tepat, diberi kesempatan untuk memperbaiki jawabannya
3. KegiatanAkhir (10’)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10)
- Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sebab-sebab konflik sosial
- Menjelaskan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang dampak terjadinya konflik sosial
2. Kegiatan Inti (115)
Eksplorasi
- Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
- Masing-masing kelompok mengkaji tentang dampak konflik sosial dengan membuat adegan drama singkat atau parodi
Elaborasi
- Masing-masing kelompok menampilkan parodi atau drama singkat
- Kelompok lain memperhatikan materi performans
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang kurang tepat dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
- Kelompok yang menjawab kurang tepat diberi kesempatan untuk memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10)
- Memberikan beberapa butir soal kepada siswa untuk dikerjakan secara singkat
- Memberi kesempatan beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 5 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10)
- Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak terjadinya konflik
- Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang pengendalian konflik
2. Kegiatan Inti (115)
Eksplorasi
- Siswa dibagi kedalam 3 kelompok
- Masing-masing kelompok mengkaji tentang pengendalian konflik yaitu: arbitrasi, mediasi dan konsiliasi
Elaborasi
- Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
- Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
- Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 6 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
- Guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak pengendalian konflik
- Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang integrasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
Eksplorasi
- Siswa dibagi kedalam 3 kelompok
- Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi integrasi sosial, asimilasi dan akulturasi
Elaborasi
- Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
- Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
- Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
- Memberikan kesempatan bagi beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
E. bahan dan sumber belajar
- Buku paket sosiologi SMA kelas X1 Yudhistira
- Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto)
- Internet
- Majalah
- Koran
F. Penilaian
- Apakah yang dimaksud dengankonflik sosial?
- Apakah definisi konflik menurut Soerjono Soekanto?
- Jelaskan perbedaan antara stalmate dan mediasi!
- Jelaskan perbedaan antara konflik vertikal dan konflik horizontal!
- Deskripsikan dampak-dampak konflik sosial !
- Apakah yang dimaksud dengan integrasi sosial ?
- Jelaskan perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?
- Apakah yang dimaksud dengan rekonsiliasi?
a. Jenis soal : soal esai
b. Bentuk instrumen : uraian
b. Bentuk instrumen : uraian
Turin, 25 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Antonio Conte , Mpd Firda Aprilianto, Spd
1 komentar:
Wah keren sekali tulisannya, aku suka. Kamu hobi baca buku? Butuh rekomendasi novel menarik.
Baca dulu ulasan dari MantuIdaman Blog berikut
- Alias Harga Untuk Sebuah Kematian
- Antologi Fiksi Suker
- Kau Begitu Sempurna
- Novel MR Innocent
Salam hangat, dari
Latifah
Posting Komentar