Sabtu, 10 Desember 2011

ORGANISASI PEREMPUAN DHARMA WANITA PERSATUAN DALAM UPAYA MENSEJAHTERAKAN ANGGOTA KELOMPOK


Puji syukur kami panjatkan allah SWT atas rahmad dan karunianya sehingga kita dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ORGANISASI PEREMPUAN DHARMA WANITA PERSATUAN DALAM UPAYA MENSEJAHTERAKAN ANGGOTA KELOMPOK” sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dalam makalah ini kami membahas tentang organisasi perempuan yang ada di indonesia terutama organisasi perempuan dharma wanita seperti tugas, fungsi, tujuan yang melingkupinya dan hal-hal lain yang berhubungan dengan organisasi dharma perempuan lainya. Makalah ini diharapkan agar para pembaca mampu mengerti apa itu dharma perempuan persatuan. Dan dengan makalah ini diharapkan bisa menjadi suatu pengetahuan baru bagi pembaca dalam memahami hal yang dikaji pada umumnya. Untuk lebih mempermudah para pembaca dalam memahaminya, kami berusaha unuk dapat menyajikan materi secara umum agar para pembaca tidak bingung dan terpaku karena kesulitan pengertian yang ada di dalam pembahasan, hal ini dimaksudkan agar para pembaca mampu menangkap materi yang kami sajikan.
            Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Ucapan terima kasih ini kami tujukan kepada :
1.      Rini iswari
2.      Semua pihak yang telah membantu kami dalam karya tulis ini
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan, untuk itu kami mohon maaf.
            Semoga makalah ini dapat menjadi masukan dan bermanfaat bagi semua pembaca semua.
                                                                                                Semarang, 24 April 2011
                                                                                                            penulis



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Organisasi yang ada di indonesia sangat banyak dan beragam, dan di dalam suatu lembaga yang dibuat tersebut mayoritas adalah lembaga kewanitaan yang memiliki tujuan yang dibuat untuk kesejahteraan para anggotanya, seperti wanita dharma persatuan, PKK, organisasi bhayangkari yang dihuni oleh para istri polisi dan masih banyak lagi organisasi-organisasi lain yang ada di indonesia, mereka memiliki visi misi dan tugas yang jelas karena tugas utama mereka adalah Membina anggota dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial Melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur. Organisasi wanita sendiri terbentuk sebagai upaya pemerintah menghimpun dan juga membina para istri pegawai dalam mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional.
Maka dengan melihat hal diatas maka kelompok kami mencoba untuk menjelaskan tentang organisasi-organisasi tersebut terutama adalah organisasi dharma wanita persatuan (DWP) yang ada di indonesia guna mengetahui tugas, fungsi, tujuan dan manfaat dari organisasi wanita tersebut dan supaya mengerti apa yang belum diketahui sebelumnya.

1.2  Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dari dharma wanita persatuan ?
2. Apakah tugas dan fungsi dari dharma wanita persatuan ?
3. Apa proram-program yang dilakukan dharma wanita persatuan ?

BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 pengertian, tugas dan fungsi Dharma wanita Persatuan
      Dharma Wanita Persatuan adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil RI dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya serta tidak terkait dengan kekuatan politik manapun, tetapi hak berpolitik anggota tetap dihormati. Secara garis besar, tujuan organisasi Dharma Wanita adalah mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dharma wanita persatuan diarahkan untuk :
a.       Mengutamakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari pengurus dan anggota
b.      memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kesempatan organisasi.
c.       dalam melaksanakan kegiatan mendahulukan yang penting sesuai dengan skala prioritas.
d.      mengutamakan kualitas penanganannya daripada kualitas yang ditangani, serta diupayakan secara tuntas.
e.        menjaga citra yang baik sebagai istri pendamping aparat pemerintah di tengah masyarakat yang dinamis.
Dan dharma wanita persatuan juga berharap agar aktivitas dharma wanita persatuan perlu terus dikembangkan ke arah pemberdayaan organisasi dan mengutamakan pembinaan sumber daya manusia (SDM). Selain itu, seluruh jajaran pengurus harus mampu mengayomi anggotanya serta mampu bekerjasamadengan mitra pengurus korpri dan lainya. Dharma wanita juga memiliki tugas dan fungsi pokok yang telah dibuat oleh kelompoknya, tugas tersebut berisi : membina anggota dalam memperkukuh persatuandan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial. Dan tugas dari dharma wanita yang kedua adalah melakukan pembinaa mentaldan spritual anggota agar menjadi manusia yang bertawakkal kepada tuhan yang maha esa, berkepribadian, serta berbudi pekerti luhur. Sedangkan fungsinya adalahsebagai wadah untukmelakukan pembinaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaantugas pokok organisasi. di samping tugas dan fungsi pokok yang ada di dalam kelompok organisasi dharma wanita persatuan, organisasi tersebut juga memiliki tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna mendukung tercapainya tujuan nasional.
            Di dalam suatu organisasi yang ada di indonesia tidak terkecuali di dalam organisasi dharma wanita persatuan memiliki suatu anggota di dalamnya yang masing-masing memiliki wewenang, anggota dari organisasi tersebut terdiri dari :
1.      Istri pegawai negeri sipil (PNS)
2.      Istri pejabat negara bidang pemerintahan
3.      Istri pensiunan dan janda PNS
4.      Istri pegawai badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik daerah (BUMD) yang belum berstatus persero
5.      Istri pensiunan dan janda pegawai BUMN dan BUMD yang belum berstatus persero
6.      Istri kepala perwakilan republik indonesia di luar negeri
7.      Istri anggota TNI, purnawirawan ataupun polisi
8.      Pensiunan PNS wanita
9.      Istri perangkat pemerintahan desa
Sedangkan tugas dan wewenang pengurus sendiri adalah :
1.      Menetapkan kebijaksanaan tekhnis organisasi berdasarkan hasil musyawarah nasional, anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan juga kebijaksaan organisasi satu tingkat diatasnya
2.      Mengesahkan organisasi, pengurus dan atau ketua satu tingkat dibawahnya
3.      Melaksanakan pembinaan organisasi pada unsur pelaksana di lingkunganya
4.      Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan dan kebijaksanaan yang dilakukan oleh unsur pelaksana di lingkunganya
5.      Melaksanakan program dan kegiatan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi
6.      Melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada organisasi satu tingkat diatasnya

2.2 Program – program dharma wanita persatuan
Di dalam organisasi dharma wanita persatuan yang ada di indonesia yanga ada di indonesia sangatlah banyak dan diantara satu dengan yang lain memiliki program yang berbeda-beda. Hal ini juga dilakukan oleh salah satu dharma wanita persatuan yang bekerjasama dengan dharma wanita persatuan fakultas-fakultas di lingkumgan UIN sunan kalijaga yang menghasilkan beberapa program kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah :
a.       Bidang pendidikan
Di bidang pendidikan , dharma wanita telah bergerak dalam dua kegiatan, yakni pendidikan formal dan non formal
1)      Pendidikan formal
Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan pra sekolah, dharma wanita telah mengelola beberapa sekolah yaitu pada salah satu TK.mereka juga telah melakukan berbagai upaya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan seperti bekerjasama dengan pihak-pihak yang bersedia membantu, diantaranya adalah pemberian lahan untuk mendirikan sebuah sekolah, pengadaan tenaga tata usaha, penambahan perabotan dan lain-lain
2)      Pendidikan formal
Di samping pendidikan formal, dharma wanita juga menyelenggarakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para anggota dharma wanita persatuan di ingkungan UIN. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah ceramah seperti ceramah etika dalam berbusana, mengadakan kunjungan kerja atau yang lainya

b.      Bidang ekonomi
Bidang ekonomi merupakan bidang yang meliputi usaha untuk meningkatkan kemampuan menghimpun dana untuk menggerakkan roda organisasi maupun untuk meningkatkan kesejahteraan para pengurus anggota. Dan hasil dari kerjasama yang telah dilakukan dalam bidang ekonomi sendiri adalah dibuatnya sebuah kantin dan kegiatan lain dalam bidang ekonomi adalah menghimpun tabungan pengurus, simpan pinjam, chatering, penjualan barang-barang perabot rumah tangga, pakaian dan lain-lain. Semua hal tersebut merupakan suatu program dari organisasi dharma wanita persatuan
c.       Bidang sosial budaya
Bidang sosial budaya merupakan suatu bidang yang meliputi usaha pemahaman penghayatan, serta pengalaman norma dan nilai yang mengakar dalam kehidupan di indonesia. Sebagai wujud kepedulian pada lingkungan sekitar, telah dilakukan kegiatan ke pantai asuhan dengan menyerahkan bantuan sesuai kemampuan dan memberikan sumbangan untuk merenovasi atau membangun masjid, mengunjungi anggota DPW yang sakit, berkabung atau mengalami musibah, berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan memberikan sumbangan dana dalam kegiatan bakti sosial.

9 komentar:

Galih Lumaksono mengatakan...

artikel yang disajikan saya kira sudah cukup pantas untuk ditampilkan. penjelasan yang diberikan sudah memadai dan cukup jelas. namun di sini perlu ditekankan bahwa suatu artikel akan ramai dikunjungi pembaca apabila di situ menyajikan sesuatu yang beda dan membuat orang penasaran untuk mengetahui lebih lanjut. dan hal tersebut belum ditemukan dalam postingan di atas. trima kasih

eliclalahi mengatakan...

Artikel ini cukup menarik berisi tentang peranan wanita dalam memberdayakan dirinya sendiri melalui oraganisasi dharma wanita tanpa mengandalkan orang lain.

NonaRetno's blog mengatakan...

artikelnya cukup bagus..
sudah mengangkat tentang organisasi wanita yang di masyarakat

tieya_sosio09 mengatakan...

artikelnya menarik, menggambarkan peran perempuan modern yang tidak harus tinggal di dalam rumah saja tetapi juga aktif dalam organisasi di masyarakat

Sibow Semangat.Com mengatakan...

Artikelnya sudah menarik, kawan! !
isi artikel memberikan inspirasi dan semangat bagi para kaum perempuan, ,
Posting yang lebih banyak lagi, SEMANGAT Kawan !

PoeR_Purwanti mengatakan...

artikel yang cukup menarik untuk ditampilkan apalagi membahas tentang peranan wanita dalam kehidupan masyarakat saat ini namun alangkah baiknya jika pada bab pendahuluan lansung saja ke latar belakang jadi ucapan syukur dan terima ksih tidak usah ditampilkan, namun selebinhya semuanya sudah baguslah,,,
thanks...

Jantungk_Qu Sosiologi_Qu( Lara4ngellov3) mengatakan...

artikelnya menarik sekali..good luck wat artikel selanjutnya..

Coretan Icha mengatakan...

artikel sangat menarik karena tulisan yang dibuat benar-benar mengangkat perempuan karena perempuan sekarang harus lebih maju..

firda aprilianto mengatakan...

sungguh masukan yang sangat membangun !! semoga dengan masukan diatas akan menjadikan blog ini lebih bermanfaat lagi . .

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews