Kamis, 22 Desember 2011

Rencana Pelaksanaan pembelajaran ( RPP )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA N 1 Lasem
Mata Pelajaran          : Sosiologi
Kelas/Semester          : X / Ganjil
Pertemuan ke          : 1 (satu)
Alokasi Waktu           : 2 x 45 Menit
A.Standart Kompetensi : Memahami prilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan                                                norma yang berlaku dalam masyarakat
B.Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar    pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
C. Indikator                  :
·         Menjelaskan proses pembentukan kelompok, lembaga sosial
·         Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·         Mengidentifikasi pembentukan lembaga sosial
·         Mendiskripsikan tipe-tipe lembaga sosial
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah diadakanya proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.      Mengidentifikasi bagaimana proses pembentukan kelompok, lembaga sosial
2.      Menjelaskan tentang pengertian lembaga sosial
3.      Mendeskripsikan bagaimana pembentukan lembaga sosial
4.      Menjelaskan sendiri tipe-tipe lembaga sosial

E. Materi Pembelajaran       :
1.      Lembaga-lembaga sosial
F. Model Pembelajaran        :
1.      Bertukar Pasangan
G. Kegiatan Pembelajaran   :
No
1
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Berdoa
·         Guru mengabsen Murid dan menyampaikan salam dan ketenangan
·         Guru memberikan ringkasan materi yang akan di sampaikan
Waktu
10 menit
2
Kegiatan Inti
        Langkah-langkah :
·         Setiap siswa mendapat satu pasangan (pasangan dapat ditentukan oleh guru atau oleh siswa)
·         Guru memberi tugas pada setiap pasangan
·         Selesai mengerjakan tugas, anggota pasangan bergabung dengan pasangan baru
·         Dalam pertukaran pasangan, mereka saling mengemukakan jawaban tugas
·         Temuan baru yang didapat dalam pertukaran pasangan, kemudian disampaiakn kepada pasangan semula


70 Menit
3
Kegiatan Akhir
  • Guru dan siswa menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Siswa mampu memberikan contoh realitas sosial dalam kehidupan sehari-hari


10 Menit
H. Metode Pembelajaran ( Inovatif ) :
  • Diskusi kelompok dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan
I.Media Pembelajaran
  • Papan Tulis
  • Buku
  • internet
J. Sumber Bahan
  • Koran/Majalah
  • Buku paket
  • Tim sosiologi, sosiologi 1 untuk sma kelas x ,suatu kajian kehidupan masyarakat (sesuai standar isi 2006) Yudhistira
K. Penilaian
·         Penilaian Proses Belajar

·         Pengamatan aktifitas di kelas /
            Hasil tugas

·         Penilaian Hasil Belajar
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                                      24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                                      18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                                      12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                      6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







Dst







Keterangan:                                                                 Rentang skor :
1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                             2—15             = Sangat baik             
2.      Tanggung jawab individu                                              9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                                       6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                                            3—5                = Kurang       
5.      Keberanian tampil         





Mengetahui     :                                                                       Semarang 15 , Desember 2011
                                                                                                Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMA N 1 Lasem



DRS. Totok Rochana                                                              Firda Aprilianto. Spd

NIP. 130 234 567                                                                   Nim. 3401409012


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews