Satuan Pendidikan | : | SMA 1 JUVENTUS |
Mata Pelajaran | : | SOSIOLOGI |
Kelas / semester | : | XI IPS/ 1 |
Alokasiwaktu | : | 15 x 45 menit |
Standar kompetensi | : | Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial dan konsekuensi nya terhadap konflik dan mobilitas sosial |
Kompetensi dasar | : | |
Indikator | : |
|
A. Tujuan Pembelajaran
- Setelah melakukan pembelajaran, Siswa dapat mendeskripsikan definisi mobilitas sosial
- Setelah melakukan pengamatan, Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis mobilitas sosial
- Setelah melakukan diskusi, Siswa dapat menganalisis prinsip umum mobilitas sosial vertikal
- Setelah melakukan pembelajaran, Siswa dapat menjabarkan saluran mobilitas sosial
B. Materi Pokok ( Pembelajaran )
- Mobilitas sosial
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- examples non example
- role playing
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)
1. Kegiatan Awal ( 5 )
- Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konflik sosial
- Menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa terlebih dahulu tentang konflik sosial
- 2. Kegiatan Inti ( 30 )
Eksplorasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi mobilitas sosial
- Beberapa kelompok mempresentasikan tentang definisi mobilitas sosial
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok
3. Kegiatan Akhir (5’)
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
- Guru dan siswa bersama-sama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
- Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu definisi mobilitas sosial
- Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang jenis-jenis mobilitas sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
Eksplorasi
- Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
- Kelompok 1 membahas tentang mobilitas sosial horizontal
- Kelompok 2 membahas tentang mobilitas sosial horizontal intra generasi
- Kelompok 3 membahas tentang mobilitas sosial horizontal antar generasi
- Kelompok 4 membahas tentang mobilitas sosialvertikal
- Kelompok 5 membahas tentang mobilitas sosial vertikal intragenerasi
- Kelompok 6 membahas tentang mobilitas sosial vertikal antargenerasi
Elaborasi
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang belum tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan
- Memberikan pertanyaan atau soal secara tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa
Pertemuan 3 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
- Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu jenis-jenis mobilitas sosial
- Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendiskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal
2. Kegiatan Inti (115’)
Eksplorasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
- Masing-masing kelompok mediskusikan tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal diantaranya:
- Hampir tidak ada masyarakat yang sistem lapisannya mutlak tertutup.
- Betapapun terbukanya sistem lapisan dalam suatu masyarakat, tak mungkin gerak sosial yang vertikal dilakukan dengan sebebas-bebasnya
- Gerak sosial yang umum berlaku bagi semua masyarakat
- Faktor-faktor laju gerak sosial yang vertikal disebabkan oleh
- Dalam mobilitas sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomis, politik dan pekerjaan, tidak ada kecenderungan yang kontinu perihal bertambah atau berkurangnya laju gerak sosial
Elaborasi
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
- Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
- Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok
Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
- Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang prinsip umum dalam mobilitas sosial vertikal
- Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang saluran mobilitas sosial vertikal
2. Kegiatan Inti (115’)
Eksplorasi
- Siswa dibagi menjadi 7 kelompok
- Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang saluran mobilitas sosial vertikal
- Kelompok 1 mendiskusikan tentang angkatan bersenjata
- Kelompok 2 mendiskusikan tentang lembaga lembaga keagamaan
- Kelompok 3 mendiskusikan tentang lembaga pendidikan
- Kelompok 4 mendiskusikan tentang organisasi politik
- Kelompok 5 mendiskusikan tentang organisasi ekonomi
- Kelompok 6 mendiskusikan tentang organisasi keahlian
- Kelompok 7 mendiskusikan tentang perkawinan
Elaborasi
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
- Kelompok lain menanggapidengan memberikan pernyataan dan sanggahan
Konfirmasi
- Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3. Kegiatan Akhir (10’)
- Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
- Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok
E. bahan dan sumber belajar
- Buku paket kelas X1 airlangga
- Sumber dari artikel, internet , koran
F.Penilaian
Penilaian peserta didik
- Performans tentang mobilitas sosial
- Aspek yang dinilai:
- Kecakapan akademis
- Kecakapan sosial
- Pedoman penskoran:
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria |
1. | 1. Kecakapan akademis
| Skor 5, jika penguasaan materi sangat baikSkor 4, jika penguasaan materi baikSkor 3, jika penguasaan materi sedang Skor 2, jika penguasaan materi kurang Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang |
| Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baikSkor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baikSkor 3, jika cukup pengembangan konsepnya Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya | |
2. | Kecakapan sosial
| Skor 5, jika penghayatan peran sangat baikSkor 4, jika penghayatan peran baikSkor 3, jika penghayatan peran cukup Skor 2, jika penghayatan peran kurang Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang |
| Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilanSkor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilanSkor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan | |
| Skor 5, jika ekspresi sangat baikSkor 4, jika ekspresi baikSkor 3, jika ekspresi cukup Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang Skor 1, jika ekspresi sangat kurang |
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG MOBILITAS SOSIAL
No. | Aspek Yang Dinilai Nama Siswa | Kecakapan Akademis | Kecakapan Sosial | |||
Penguasaan Konsep | Pengembangan Konsep | Penghayatan peran | Intonasi suara | Ekspresi | ||
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. | ||||||
6. | ||||||
7. | ||||||
8. |
Turin, 25 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Antonio Conte, Mpd Firda Aprilianto, Spd
0 komentar:
Posting Komentar