Rabu, 04 Januari 2012

Rencana Pelaksanaan pembelajaran kelas XI/1 ( KONFLIK SOSIAL )


Satuan Pendidikan
:
SMA 1 JUVENTUS
Mata Pelajaran
:
SOSIOLOGI
Kelas / semester
:
XI IPS/ 1
Alokasi waktu
:
12 x 45 menit



Standar kompetensi
:
Menjelaskan  bentuk-bentuk   struktur sosial   dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi dasar
:
Mendeskripsikan faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
Indikator
:
  • Menggambarkan konflik sosial
  • Menjabarkan jenis-jenis konflik sosial
  • Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
  • Mengidentifikasi dampak terjadinya konflik
  • Mennganalisis pengendalian konflik
  • Mendeskripsikan integrasi sosial
A. Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui pembelajaran, Siswa dapat menggambarkan pengertian konflik sosial
  2. Melalui diskusi, Siswa dapat menjabarkan jenis-jenis konflik sosial
  3. Melalui pengamatan, Siswa dapat mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
  4. Melalui diskusi, Siswa dapat mengidentifikasi dampak terjadinya konflik
  5. Melalui pembelajaran, Siswa dapat menganalisis tentang pengendalian konflik
  6. Melalui tugas individu, Siswa dapat mendeskripsikan tentang integrasi sosial
B. Materi Pokok / Pembelajaran
  • Konflik Sosial


C. Metode Pembelajaran
  • Diskusi
  • think pair and share
  • debat
  •  role playing
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 JP)                           
2. Kegiatan Awal (5’)
  • Menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan konflik sosial
  • Memotivasi supaya siswa mengetahui lebih lanjut tentang konflik sosial
2. Kegiatan Inti (30’)
Eksplorasi
  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi konflik sosial menurut beberapa tokoh, yaitu: Ralf Dahrendorf, Robert MZ Lawang,
  • Setiap kelompok memberikan beberapa  contoh kasus untuk tiap definisi
Elaborasi
  • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi konflik sosial
  • Kelompok lain memperhatikan apa yang dikemukakan kelompok lain dalam presentasi
Konfirmasi
  •  Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang masih kurang dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
  • Mempersiapkan kesiapan siswa dalam kelas
  • Memberikan beberapa pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang definisi konflik sosial.
2. Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat
  • Kelompok 1 mengkaji tentang konflik pribadi
  • Kelompok 2 mengkaji tentang konflik rasial
  • Kelompok 3 mengkaji tentang konflik politik
  • Kelompok 4 mengkaji tentang konflik internasional
  • Kelompok 5 mengkaji tentang konflik vertikal
  • Kelompok 6 mengkaji tentang konflik horizontal
  • Kelompok 7 mengkaji tentang konflik destruktif
Elaborasi
  • Beberapa kelompok mempresentasikan materi melalui adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial
  • Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
Konfirmasi
  • Guru memberikan penegasan tentang jenis-jenis konflik yang diparodikan
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah diajarkan
  • Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
  • Memberi kesempatan bagi beberapa siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 3 (1 JP)
1. Kegiatan Awal (5’)
  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang jenis-jenis konflik sosial
  • Menjelaskan tentang tujuan pembelajara  yaitu tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat

2. Kegiatan Inti (30’)
Eksplorasi
  •  Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
  • Masing-masing kelompok memberikan contoh  kasus sebab-sebab konflik dalam masyarakat
Elaborasi
  • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sebab-sebab konflik dalam masyarakat
    kelompok lain memperhatikan materi presentasi
Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  •  Kelompok yang menjawab dengan kurang tepat, diberi kesempatan untuk memperbaiki jawabannya
3. KegiatanAkhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Guru dan siswa bersama-sama  menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 4 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10)
  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sebab-sebab konflik sosial
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang dampak terjadinya konflik sosial
2. Kegiatan Inti (115)
Eksplorasi
  • Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang dampak konflik sosial dengan membuat adegan drama singkat atau parodi
Elaborasi
  • Masing-masing kelompok menampilkan parodi atau drama singkat
  • Kelompok lain memperhatikan materi performans
Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang kurang tepat dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang menjawab kurang tepat diberi kesempatan untuk memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10)
  • Memberikan beberapa butir soal kepada siswa untuk dikerjakan secara singkat
  • Memberi kesempatan beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 5 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10)
  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak terjadinya konflik
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang pengendalian konflik

2. Kegiatan Inti (115)
Eksplorasi
  • Siswa dibagi kedalam 3  kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang pengendalian konflik yaitu: arbitrasi, mediasi dan konsiliasi
Elaborasi
  • Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
  • Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan
Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa
  • Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 6 (3 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
  • Guru memberikan  pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang dampak pengendalian konflik
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang integrasi sosial
2. Kegiatan Inti (115’)
Eksplorasi
  • Siswa dibagi kedalam 3 kelompok
  • Masing-masing kelompok mengkaji tentang definisi integrasi sosial, asimilasi dan akulturasi
Elaborasi
  • Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
  • Kelompok lain memperhatikan materi diskusi dan memberikan tanggapan
Konfirmasi
  • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
  • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Memberikan kesempatan bagi beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
E.  bahan dan sumber belajar
  •  Buku paket sosiologi SMA kelas X1 Yudhistira
  • Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto)
  • Internet
  • Majalah
  • Koran
F. Penilaian
  1. Apakah  yang dimaksud dengankonflik sosial?
  2. Apakah definisi konflik menurut  Soerjono Soekanto?
  3. Jelaskan perbedaan antara stalmate dan mediasi!
  4. Jelaskan perbedaan antara konflik vertikal dan konflik horizontal!
  5. Deskripsikan dampak-dampak konflik sosial !
  6. Apakah  yang  dimaksud dengan integrasi sosial ?
  7. Jelaskan  perbedaan antara asimilasi dan akulturasi?
  8. Apakah yang dimaksud dengan rekonsiliasi?
a. Jenis soal     : soal esai
b. Bentuk instrumen  : uraian



Turin, 25 Januari 2012
 Mengetahui
Kepala Sekolah                                                  Guru Mata Pelajaran

Antonio Conte            , Mpd                                              Firda Aprilianto, Spd

1 komentar:

Latifah mengatakan...

Wah keren sekali tulisannya, aku suka. Kamu hobi baca buku? Butuh rekomendasi novel menarik.

Baca dulu ulasan dari MantuIdaman Blog berikut

- Alias Harga Untuk Sebuah Kematian
- Antologi Fiksi Suker
- Kau Begitu Sempurna
- Novel MR Innocent

Salam hangat, dari
Latifah

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews